EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN CAMAT TERHADAP PELAYANAN MASYARAKAT DI KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui dan menganalisa efektivitas kepemimpinan dalam fungsi pelayanan di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros (2) Untuk mengetahui dan mengamati pelayanan masyarakat di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Metode penelitian kualitatif yaitu menganalisis dengan deskripsi yang bertujuan memberikan gambaran terhadap fokus penelitian antara efektivitas kepemimpinan camat terhadap pelayanan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara, dan pengamatan dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada responden di lapangan. Hasil penilaian bahwa efektivitas kepemimpinan camat terhadap pelayanan masyarakat belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan, penilaian ini menggunakan indikator yaitu (1) pengawasan (2) pembuatan keputusan (3) kemampuan memberikan pelayanan. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas terhadap pelayanan dengan penilaian menggunakan indikator yaitu (1) perencanaan (2) program pendidikan dan pelatihan (3) situasi atau tindakan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Alex Nitisemito. 1969. Manajemen Personalia Dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineke Cipta. Jakarta
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. EdisiRevisi V. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
Effendi. 2001. Mutu Pelayanan publik Pemimpin. Salemba Empat. Jakarta.
Flippo Edwin B. Flippo, 1996. Perenca-
naan, Pengorganisasian, Penga-
rahan, Pengembangan, Evaluasi dan SumberDaya Manusia Itu Sendiri
Flippo Mcgrew Hill, Singapure. 1980. Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengembangan, Eva-
luasi Dan Sumber Daya Manusia Itu Sendiri.
Gary Dessler. 2003. Manajemen Pelayanan Umum Oleh Pemimpin. Bumi Aksara. Jakarta.
Garvin. 1979. Kualitas Pelayanan. Ineke Cipta. Jakarta Indonesia
---------. 2007. Mutu Pelayanan. Ineke Cipta. Jakarta Indonesia
Hasibuan. 2003. Prestasi Kerja. Edisi Revisi IV. Yogjakarta
----------------------. Peningkatan Sumber Daya Manusia. Yogjakarta
Imbalo. 2003. Mutu Pelayanan . Galia Indonesia.Jakarta Pusat
Kotler. 2002. Mutu Pelayanan. Satria. Bandung
Leonard Nadrder. 1970. Peningkatan Sumber Daya Manusia. Jakarta
----------- D. White. 1955. Administrasi dalam Proses Pelayanan. Jilid 3 Yogyakarta.
Mangkuprawira. 2004. Mutu pelayanan dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta
------------------------------. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta
Mary Parker Follet. 2001. Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengembangan, Evaluasi Dan Sumber Daya Manusia Itu Sendiri.
Mustopadidjaja. 1998. Pelayanan publik. Edisi Pertama. Jakart
---------------------. 2002. Pelayanan publik. Edisi Kelima. Jakarta
Rasyid. 1998. Pelayanan Publik dalam Pemerintahan. Edisi Pertama. Jakarta.
Singrimbun. 1983. Penyelenggaraan pelayanan publik. Pustaka Abadi. Jakarta
Sulistiyo, dan Basuki . 2006. Penyelenggaraan pelayanan publik. Jakarta
Tjiptono. 2009. Mutu Pelayanan Publik dalam Meningkatkan Kesejahtraan. Yogyakarta. Edisi IV. Hal :132
Thoha Wido. 2001. Penyelenggaraan Pelayanan publik. Edisi ketiga. Yogyakarta
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah
Undang-Undang Dasar 1945 yaitu memajukan kesejahtraan umum dan mecerdaskan kehidupan bangsa
Wayne Mondy. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.