STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP ISLAM AL AZHAR 24 MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Peneliti yang berjudul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam al Azhar 24 Makassar. Mengajar adalah usaha mengembangkan setiap individu siswa. Seorang guru harus berusaha memotivasi siswanya baik yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik, karena mengingat bahwa dengan memberikan motivasi siswa dapat mengembangkan aktivitas, inisiatif dan dapat memelihara ketekunan belajarnya. Dalam kaitan itu perlu diketahui bahwa cara dan jenis menumbuhkan motivasi adalah bermacam-macam.Penelitian ini mengkaji pokok tentang: 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Islam al Azhar 24 Makassar?, 2) Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa di SMP Islam al Azhar 24 Makassar? Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP islam al Azhar 24 Makassar, 2. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMP Islam al Azhar 24 Makassar. Dalam penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Di mana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam al Azhar 24 Makassar sudah cukup baik dan meningkat. Hal ini tercermin pada keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu juga bisa dilihat dari akhlak mereka dalam kehidupan seharihari
yang selalu menampakkan hal positif ini. Artinya bahwa meningkatnya motivasi belajar siswa SMP Islam al Azhar 24 Makassar itu tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti yang ada di rapor, namun lebih dari itu juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Abu Ahmadi & Nur Uhbiyati, 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ahmadi Rohani & Abu Ahmadi, 1995. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Akhmad Muhaimin Azzet. 2011. Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
B. Suryasubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahlan Al-Barri. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. YogYakarta: Arkola.
Fuad Ihsan. 1997. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2010. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
_______________. 2010. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Lubis. 2011. Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA DDI Al-Irsyad Rampegading, Tesis. Makassar: PPS Umi Makassar:
M. Ahmad Rohani. 204. Pengelolaan Pengajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
M. Arifin. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Iqbal Hasan. 1999. Pokok-pokok MateriStatistik 1 Statistik Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Ngalim Purwanto. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moh. Ridwan. 2001. Strategi Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Siswa pada SMP Negeri Pagimana. Tesis. Makassar: PPS UMI Makassar.
Mustaqim & Abdul Wahib. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution. 2005. Berbagai Pendekaan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
R. Ibrahim & Nana Syaodih S. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahman Getteng. 1977. Pendidikan Islam Dalam Pembangunan Moral, Remaja, Wanita, Pembangunan. Ujung Pandang: Yayasan Al Ahkam.
Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulya.
S. Nasution. 2010. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanafiah Faisal. 2001. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman. 2011. Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru pada MtSN Ma’rang Pangkep, Tesis. Makassar:
PPS UMI Makassar.
Uyoh Sadulloh. 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswar Zain. 1996. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardi Bachtiar. 1999. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Wasty Soemanto. 1998. Psikologi Pendidikan, Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenata Media Group.
Zakiyah Darajat, dkk. 1996. Metodologo Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.