EKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN TERHADAP TENAGA PENDIDIK PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SINJAI
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan suatu yang harus diupayakan oleh suatu Negara untuk meningkatkan taraf hidup bangsa, penyelenggaraan pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Peran tenaga pendidik untuk
menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif dinamis dan dialogis menjadikan perlunya tenaga pendidik memiliki komitmen profesionalisme untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran umum tentang tingkat keefektifan pelayanan administrasi kepegawaian terhadap tenaga pendidik lingkup Dinas Pendididkan Kabupaten
Sinjai serta faktor penghambat dan pendukung. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan angket yang diperoleh dari responden dengan sampel sebanyak 248.
Kesimpulan bahwa untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kepegawaian terhadap tenaga pendidik pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai perlu adanya perbaikan dan peningkatan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan, agar kualitas pelayanan administrasi yang diberikan pada masa yang akan datang menjadi lebih baik dan meningkat. Untuk itu kiranya yang harus dilakukan regenerasi pegawai yang lebih berkualitas di Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai terkhusus pada sub bagian kepegawaian, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik secara formal maupun informal, penambahan jumlah prasarana dan sarana yang dapat menunjang kualitas pelayanan administrasi kepegawaian yang baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Ali, Marsuki dan Umar Congge. 2010. Cara Praktis Penulisan Skripsi. STISIP Muhammadiyah Sinjai.
Burhanuddin, Yusak. 2005. Admnistrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hartini,Sri dkk. 2008. Hukum Kepegawaian di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.
Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Mausia. Jakarta: Gunung Agung
Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musanef, 1984. Manajemen Kepegawaian di Indonesia, Jakarta: Gunung Agung
Wursanto, IG. 1991. Manajemen Kepegawaian 1, Yogyakatta: Kanisius
Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Moenir. 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Moenir. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Narbuko,Cholid dan Abu Achmadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nitisemito, Alex S. 1984. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesi.
Nurdin, Syafruddin. 2005. Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Jakarta: Quantum Teaching Ridwan,Juniarso dan Achmad Sodik Sudrajat.
Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Publik. Bandung: Nuansa.
Saksono, Slamet. 1993. Administrasi Kepegawaian, Yogryakarta: Kanisius.
Silalahi,Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditma.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsa, Putra. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Sujatmo. 1989. Aspek-aspek Pengawasan di Indonesia. Jakarta: Sinar Gratika.
Undang-undang Nomor 43 Tahun 1994 Tentang Tugas dan Wewenang Pegawai Negeri.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru.
Wasito,Hermawan. 1995. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.