OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK PERSPEKTIF DAVID OSBORNE
Main Article Content
Abstract
Pelayanan publik saat ini telah menjadi isu yang semakin strategis karena kualitas kinerja birokrasi pelayanan publik memiliki implikasi yang luas dalan aspek kehidupan masyarakat. Namun demikian pelayanan publik sebagai tugas utama birokrasi atau aparatur Negara masih sangat dipengaruhi oleh sistem pemerintahan yang lebih mengedepankan kekuasaan atau kewenangan. Kondisi penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan pemerintah dari berbagai aspek sampai saat ini masih jauh dari harapan masyarakat. Walau demikian pemerintah terus berupayah untuk mengadakan pembenahan serta pengembangan
sistem pelayanan publik.
Dalam tulisan ini penulis ingin mengulas mengenai teori yang digagas oleh David Osborne dan Ted Gaebler dengan konsepnya mengenai Reinventing Government untuk dijadikan sebagai solusi alternatif dalam melakukan optimalisasi pelayanan publik dalam
birokrasi. Gagasan Reinventing Government yang dicetuskan oleh David Osborne dan Ted Gaebler (1992) adalah gagasan mutakhir yang mengkritisi dan memperbaiki konsep-konsep dan teori-teori klasik yang telah ada untuk optimalisasi pelayanan publik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Deni, Saiful, 2008. Reformasi Administrasi Publik. Malang: Setara Press.
Dwiyanto, Agus dan Erwan Agus Porwanto, 2009. Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan, dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Mukoram, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik: Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.
Osborne, David dan Ted Gaebler, 1996. Reiventing Government (Mewirausahakan Birokrasi: Mentransformasi Semangat Wirausaha Ke Dalam Sektor Publik. Jakarta: Pustaka Binaan.
Suaedi, Falih dan Bintoro Wardiyanto, 2010. Revitalisasi Administrasi Negara (Reformasi Birokrasi dan E-Governance). Yogyakarta: Graha Ilmu
Muhamad, Abas dan Luh Nyoman Dewi Triandyani. 2001. Pelayanan Publik: Apa Kata Warga. Jakarta: PSPK. Pressindo.
Rakhmat, 2009. Teori Administrasi dan Manajemen Publik. Jakarta: Pustaka Arif.