Peningkatan Agribisnis Peternakan Kambing di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara Melalui Sistem Pemasaran Berbasis Media Sosial WhatsApp dan Facebook

Main Article Content

Suparman Suparman
Irwansyah Irwansyah
Muhtar Amin
Junaedi Junaedi
Muhammad Obi Kasmin
Nursalam Nursalam
La Ode Mushafaat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media sosial, khususnya WhatsApp dan Facebook, dalam meningkatkan agribisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan 50 peternak kambing sebagai sampel yang telah memanfaatkan atau berencana memanfaatkan media sosial dalam pemasaran. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp dan Facebook berperan penting dalam pemasaran produk peternakan. WhatsApp digunakan oleh 45% peternak sebagai sarana utama pemasaran karena kemudahan akses dan sifat komunikatif yang cepat, sementara Facebook digunakan oleh 34% peternak dan memiliki keunggulan dalam memperluas jangkauan pasar melalui fitur grup dan promosi visual. Kombinasi penggunaan kedua platform memberikan hasil terbaik, dengan peningkatan jangkauan pasar sebesar 42%, penjualan sebesar 35%, dan pendapatan sebesar 43%. Di sisi lain, peternak yang tidak menggunakan media sosial mencatat capaian paling rendah, dengan jangkauan pasar hanya 1%. Selain itu, tantangan yang dihadapi peternak dalam memanfaatkan media sosial, terutama Facebook, meliputi keterbatasan pemahaman teknis dan akses digital. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan media sosial, terutama kombinasi WhatsApp dan Facebook, memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemasaran, pengembangan agribisnis, dan pendapatan peternak kambing.

Article Details

How to Cite
Suparman, S., Irwansyah, I., Amin, M., Junaedi, J., Kasmin, M. O., Nursalam, N., & Mushafaat, L. O. (2024). Peningkatan Agribisnis Peternakan Kambing di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara Melalui Sistem Pemasaran Berbasis Media Sosial WhatsApp dan Facebook. Tarjih Tropical Livestock Journal, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.47030/trolija.v4i2.835
Section
Articles

References

Abadi, M., Zulkarnain, D., & Kimestri, A. B. (2023). Teknik pemasaran produk ternak itik berbasis android oleh Kelompok Ternak Kaseiseha di Kelurahan Punggolaka Kecamatan Puuwatu Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 93-99.

Ahmad, A (2012). Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi: akar revolusi dan berbagai standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137 – 149.

Alridhani, D., & Persada, A. G. (2020). Implementasi media sosial dan e-commerce dalam meningkatkan pemasaran hasil pertanian sayur dan peternakan (studi kasus: Desa Sumberejo). Automata, 1(2).

Asse, R. A. A. (2018). Strategi pemasaran online (studi kasus facebook marketing warung bakso Mas Cingkrank di Makassar). Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 219-231.

Hartanti, H., & Oktiyani, R. (2020) Pengembangan strategi pemasaran ayam Barokah melalui digital marketing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen. 4(2), 183-190.

Hermawan, O. (2023). Analisis Implementasi Program Layanan Digital dalam Penerimaan Zakat Di Baznas Kota Tasikmalaya. Skripsi. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Muthmainah, N. G., Sjafirah, N. A., & Saputra, S. J. (2024). partisipasi masyarakat dalam new media: studi etnografi virtual budaya partisipatif dalam jurnalisme warga di grup facebook sekilas info Kota Banjar. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(6), 111-120.

Nisa, P. N. C., Jayanti, R. D., Al Akhiri, R. A. A., Wulandari, S. T., & Irawati, T. (2024). Pendampingan digital branding dan marketing berbasis e-commerce bagi peternak susu sapi perah Desa Wonokerto Wonosalam Jombang. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 10(2), 109-116.

Padapi, A., Haryono, I., & Rukmelia, R. (2022). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi produk olahan agribisnis. Jurnal Sains dan Teknologi Industri Peternakan, 2(2), 30-36.

Rachmawati, A., Indrati, R., Wanusmawatie, I., Qosimah, D., Azizah, S., & Wati, A. M. (2025). Intensifikasi pemeliharaan domba dengan pendekatan sumber daya alam dan penguatan kelembagaan di Desa Besowo Kediri. Proficio, 6(1), 120-128.

Siregar. L. Y., & Nasution. M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75.

Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analisis strategi digital marketing di masa pandemi covid-19. Exero: Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29-54.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan konten promosi digital bisnis kuliner Kika’s catering di media sosial. Profesi Humas, 3(1), 102-119.